Edit ByKangdansen

Memahami Media Pengajaran


1.      Pengertian Media Pengajaran

Media pembelajaran adalah semua bahan dan alat fisik yang mungkin digunakan untuk mengimplementasikan pengajaran dan memfasilitasi prestasi siswa terhadap sasaran atau tujuan pengajaran. Media pengajaran mencakup bahan-bahan tradisional seperti papan tulis, buku pegangan, bagan, slide, OHP/OHT, objek-objek nyata, dan rekaman video atau film. Selain itu bisa juga berupa bahan-bahan dan beberapa metode mutakhir seperti computer, DVD, CD-Room, internet, dan penggunaan fasilitas konferensi video secara interaktif.

2.      Sejarah Singkat Penggunaan Media dalam Pembelajaran

Awalnya, media hanyalah alat bantu visual yang digunakan oleh guru untuk menerangkan pelajaran. Kemudian, pada pertengahan abad ke-20, lahirlah alat bantu audiovisual yang menggunakan pengalaman konkret untuk menghindari penggunaan media verbal.
Pada akhir 1950, teori komunikasi mulai mempengaruhi pengguna media, sehingga media juga berfungsi sebagai penyampai pesan. Kemudian pada tahun 1960-an, pola pengajaran yang diharapkan adalah mengubah perilaku balajar anak didik. Dari teori inilah, kemudian melahirkan pembelajaran terprogram, sehingga membentuk sebuah sistem pembelajaran. Dari sini media menjadi sesuatu yang sangat penting posisinya dalam rangka mengubah perilaku belajar anak didik.

3.      Memilih Media Pengajaran

Ada beberapa faktor yang sangat menentukan tepat atau tidaknya sesuatu dijadikan media pengajaran dan pembelajaran antara lain adalah tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, modalitas belajar siswa (auditif, visual, dan kinestetik), lingkungan, ketersediaan fasilitas pendukung, dan lain sebagainya.
Dari faktor-faktor tersebut, maka tingkat kesesuaian dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1)      Kesesuaian dengan tujuan pengajaran
2)      Kesesuaian dengan materi yang diajarkan
3)      Kesesuaian dengan fasilitas pendukung, konsisi lingkungan, dan waktu
4)      Kesesuaian dengan karakteristik siswa
5)      Kesesuaian dengan gaya belajar siswa
6)      Kesesuaian dengan teori yang digunakan
Namun, salah satu kriteria utama dalam menyeleksi media pengajaran adalah layak atau tidaknya media bagi tingkat perkembangan dan pengalaman siswa. Tidak ada media yang sempurna dan mampu untuk diaplikasikan dalam semua tujuan pembelajaran, dan sesuai dengan karakteristik semua anak didik, jadi cerdaslah dalam memilih media yang paling tepat untuk siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

4.      Tujuan dan Manfaat Media Pengajaran

UNESCO memuat kompetensi yang harus dimiliki siswa dalam menjalani proses pembelajaran, beberapa tujuan tersebut antara lain pengetahuan yang memadai (to know), keterampilan dalam melaksanakan tugas secara professional (to do), kemampuan untuk tampil dalam kesejawatan bidang ilmu atau profesi (to be), dan kemampuan memanfaatkan bidang ilmu untuk kepentingan bersama secara etis (to live together).
Selain itu, media pengajaran juga mempunyai manfaat yang sangat penting bagi kesuksesan proses belajar dan mengajar serta tujuan pembelajaran. Manfaat media pembelajaran adalah sebagai berikut:
1)     Membuat konkret berbagai konsep abstrak;
2)    Menghadirkan objek yang sukar didapat ke dalam lingkungan belajar dengan sampel dari objek tersebut;
3)     Menampilkan objek yang terlalu besar atau kecil ke dalam ruang pembelajaran;
4)  Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat atau lambat dengan menggunakan teknik dalam media film.

Penulis : Iqbal Priyambodo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Memahami Media Pengajaran ini dipublish oleh Iqbal Priyambodo pada hari Rabu, 23 Mei 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Memahami Media Pengajaran
 
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Tentang Saya

Foto saya
Yogyakarta, DIY, Indonesia