Edit ByKangdansen

Media Proyeksi Diam



Media proyeksi diam adalah media visual yang memproyeksikan pesan melalui sebuah alat yang mampu memproyeksikan berbagai pesan dalam bentuk tulisan, gambar, angka, atau bahkan grafis.



1.      OHT dan OHP

OHT adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat proyeksi yang disebut OHP. OHP ini merupakan varian dari proyektor slide yang digunakan untuk menampilkan gambar atau teks kepada audiens.
Ada beberapa kelebihan dari OHP, yaitu:
·         Dapat digunakan untuk menyajikan pesan dalam semua ukuran ruangan kelas;
·         Menarik, karena memungkinkan penyajian yang variatif disertai dengan warna;
·         Tatap muka dengan siswa selalu terjaga;
·         Tidak memerlukan operator secara khusus;
·         Dapat menyajikan pesan yang banyak dengan waktu yang relatif singkat;
·         OHT atau kertas transparan bisa digunakan secara berlulang-ulang.

Tapi, setiap teknologi juga memiliki kelemahan. Berikut kelemahan pada OHP:
·         Memerlukan perencanaan yang matang dalam pembuatannya;
·         OHP dan OHT merupakan bagian yang tak terpisahkan, karena OHP hanya bisa memproyeksikan OHT saja;
·         Urutan OHT sering kacau.



2.      Opaque Projector

Media ini merupakan alat yang menampilkan berbagai bahan opaque (bahan yang tidak tembus pandang) dengan pancaran lampu yang terang terhadap objek dari arah atas. Adapun cara kerjanya yaitu dengan menggunakan cermin, prisma dan lensa pencitraan yang dipakai untuk memfokuskan sebuah gambar bahan di atas layar tampilan.
Kelebihan dan kekurangan media ini hamper mirip dengan kelamahan dan kelebihan media OHP dan media slide. Karena itulah, proyektor ini—dengan segala karakteristiknya—dapat berfungsi sebagai OHP dan proyektor slide.



 3.      Slide

Media slide adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat yang disebut dengan proyektor slide. Ada empat kelebihan dari media slide ini. Pertama, membantu menimbulkan pengertian dan ingatan yang kuat pada pesan yang disampaikan serta dapat dipadukan dengan unsur suara. Kedua, merangsang minat dan perhatian siswa dengan warna dan gambar yang konkret. Ketiga, program slide direvisi sesuai dengan kebutuhan karena filmnya terpisah-pisah. Keempat, penyimpanannya mudah karena ukurannya kecil.
Sedangkan beberapa kelemahan dari media slide antara lain memerlukan penggelapan ruangan untuk memproyeksikannya; pembuatan memerlukan waktu cukup lama jika program yang dibuatnya cukup panjang; memerlukan biaya yang besar; hanya dapat menyajikan gambar diam.



4.      Filmstrip

Filmstrip adalah media visual proyeksi diam, yang pada dasarnya hampir sama denga media slide. Hanya saja media ini terdiri atas beberapa film yang merupakan satu kesatuan, dimana ujung satunya dengan ujung lainnya bersatu membentuk rangkaian.
Kelebihan filmstrip dibandingkan film slide adalah mudah digandakan karena tidak memerlukan bingkai, serta frame-frame filmstrip tidak akan tertukar karena merupakan satu kesatuan. Akan tetapi kekurangannya yaitu pengeditan dan perbaikan filmstrip menjadi agak susah dilakukan karena harus diperlukan di sebuah labolatorium khusus.

Penulis : Iqbal Priyambodo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Media Proyeksi Diam ini dipublish oleh Iqbal Priyambodo pada hari Minggu, 17 Juni 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Media Proyeksi Diam
 
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Tentang Saya

Foto saya
Yogyakarta, DIY, Indonesia